Sunday 17 August 2014

Ciri Khusus pada Tumbuhan

a. Batang Berongga
Contoh tumbuhan yang memiliki jenis batang berongga adalah teratai, kangkung, dan enceng gondok. Batang berongga tersebut berisi udara sehingga tanaman dapat mengapung di air.

Tumbuhan enceng gondok 














b. Daun Lebar dan Tipis
Contoh jenis tumbuhan yang memiliki daun yang lebar dan tipis adalah teratai dan talas. Daun lebar dan tipis tersebut berguna untuk mempercepat penguapan air.

Tumbuhan teratai












c. Berbau Busuk
Contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus bunganya mengeluarkan bau busuk adalah raflesia dan bunga bangkai. Bau busuk yang dihasilkan tersebut berguna untuk memikat dan memandu lalat untuk datang. Lalat akan membantu proses benyerbukan sehingga ralesia dapat berkembang biak.

Raflesia











d. Menghasilkan Cairan untuk Mencerna Serangga
Contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus menghasilkan cairan untuk mencerna serangga adalah kantong semar dan tumbuhan venus. Kedua tumbuahan tersebut akan mencerna serangga yang terperangkap menggunakan cairan khusus selanjutnya menyerap cairannya.

Venus

Kantong Semar














e. Berdaun Kecil Menyerupai Duri
Contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus berdaun menyerupai duri adalah kaktus. Daun menyerupai duri ini berguna untuk mengurangi penguapan, kita tahu bahwa kaktus hidup di habitat kering sehingga perlu ada efisiensi dalam penguapan.

Kaktus











f. Batang Berduri
Contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus batang berduri adalah tanaman mawar. Batang berduri digunakan tanaman mawar sebagai alat untuk melindungi diri dari musuh.

Mawar


No comments:

Post a Comment